Email:
clothink.konveksi@gmail.com
Hubungi Kami:
085640270966

Kain Jenis Ini Sering Dipakai Untuk Membuat Jaket. Yang ke-5 Apalagi...

Kain Jenis Ini Sering Dipakai Untuk Membuat Jaket. Yang ke-5 Apalagi...

Kain Jenis Ini Sering Dipakai Untuk Membuat Jaket. Yang ke-5 Apalagi...

Barangkali ada beberapa dari Anda yang masih awam dengan jenis kain yang kami pakai sebagai bahan dasar pembuatan jaket. Berikut kami jabarkan detail singkat sebagai gambaran saat Anda menentukan kain yang tepat untuk jaket Anda.

1. Diadora, Adidas, Lotto
Bahan ini meniru dari merek perusahaan olahraga international, sehingga disebut oleh orang Indonesia mengikuti merk internasional itu. Tiga jenis kain ini adalah bahan yang paling sering digunakan untuk bahan jaket sporty. Lotto dan diadora adalah bahan jaket yang agak mengkilat, sementara adidas tidak begitu mengkilat.

2. Kanvas
Kanvas adalah bahan jaket yang digunakan untuk membuat jaket-jaket kasual dan setengah resmi. Kanvas sendiri ada 2 macam, yaitu kanvas sweeding dan kanvas garuk. Kanvas sweeding bahannya lebih halus, dan seratnya kecil. Sedangkan kanvas garuk, agak sedikit kaku dan seratnya lebih besar-besar dibanding dengan kanvas sweeding. Kedua jenis bahan kanvas ini sering digunakan, sesuai dengan selera pemesan.

3. Jeans
Bahan jeans merupakan bahan sejuta umat. Bahan ini sudah tidak asing di lingkungan masyarakat, karena biasanya sering digunakan untuk bahan-bahan celana dan jaket merek-merek terkenal.

4. High Twist
Bahan high twist seratnya lembut dan terlihat seperti agak doff. Penggunaan bahan ini biasanya untuk jaket-jaket semi jas. Varian warna untuk bahan high twist ini biasanya berwarna gelap (misal biru dongker, hitam, coklat tua, merah marun, hijau tua). Namun ada beberapa pabrik bahan yang mengeluarkan varian warna terang seperti hijau muda, coklat muda atau krem.

5. Drill
Bahan drill sangat banyak jenisnya, mulai dari keluaran pabrik dalam negeri maupun keluaran pabrik luar (contohnya American Drill, Nagata Drill, dan Taipan Drill). Bahan drill ini paling sering digunakan untuk jaket-jaket yang formal dan semi-formal, bahkan tidak jarang dipakai untuk bahan celana. Biasanya bahan drill dipakai juga untuk seragam, contohnya seragam PNS maupun seragam pegawai swasta.

6. Fleece
Bahan ini ada 2 macam, yaitu bahan fleece katun dan fleece CVC. Bahan fleece katun tidak menimbulkan panas dan lebih enak dipakai karena 100% cotton atau terbuat dari kapas. Sedangkan bahan fleece CVC ada campuran polyester sekitar 35%. Bahan fleece ini biasanya digunakan untuk sweater dan jaket hoodie.

7. Babytery
Bahan babytery ini mirip dengan fleece, bahkan susah membedakannya untuk orang awam. Meskipun untuk babytery memiliki serat yang lebih kecil dan lebih halus. Penggunaannya hampir sama dengan bahan fleece.

8. Parasut
Bahan parasut ini adalah bahan jaket yang kedap air. Tapi ada beberapa jenis dari parasit yang tidak kedap air juga. Bila digunakan pada siang hari mentereng, bahan ini menimbulkan panas, karena sirkulasi di bahan yang hampir dikatakan nol (karena sifatnya yang kedap air). Bahan parasit ini menggunakan bahan baku polyester, sehingga jika dipakai di siang hari akan terasa sangat panas.

9. Ripstock
Bahan ripstock sangat mudah dikenali dari seratnya yang bermotif kotak-kotak. Biasa digunakan juga sebagai bahan tas bagian luar. Bahan ini tidak tahan air, bahkan ada yang menggunakan bahan tersebut untuk bahan dasar seragam tentara dan kemeja lapangan.

Nah, bagaimana? Sudah ada gambaran tentang beberapa jenis kain yang umumnya dipakai untuk bahan pembuatan jaket kan? Ada baiknya saat akan membuat jaket mintalah saran kepada pihak konveksi tersebut tentang jenis kain yang paling cocok untuk desain Anda. Penting pula untuk menentukan terlebih dahulu jaket Anda nantinya akan digunakan di acara yang formal atau non-formal. Karena jenis dan kualitas kain juga merupakan faktor penentu penampilan Anda.

*diambil dari berbagai sumber

Punya pertanyaan seputar bahan?

Chat Via WhatsApp Sekarang


Admin Kamis, 01 November 2012 Artikel Seputar Konveksi

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar